Wednesday 3 March 2021

Otoritas

Posted by aLdo ver†igo at
Sebagai manusia yang hidup di generasi kelima , kita adalah korban dari generasi sebelumnya . itu menurut saya . Kenapa saya katakan demikian ? karena kehidupan setiap generasi tentu tidak akan terlepas dari generasi sebelumnya . Itu menurut saya juga .
Hal yang terus terkait dari setiap generasi adalah dogma dan tradisi . Dimana generasi terdahulu merealisasikan hasil pemikiran mereka kemudian mengatakan bahwa itu adalah benar dan akhirnya menjadikan itu sebagai kebiasaan yang akan terus diwariskan ke generasi berikutnya , yang padahal tidak ada yang tau mengenai kebenaran dari paham itu sendiri .
Semisal mengenai hal yang pada masa ini dianggap sebagai Mitos . Orang -orang jaman dulu mengartikan berbagai macam hal sesuai dengan pola pikir mereka dan menganggap bahwa itu benar , selanjutnya paham itu diturunkan ke generasi berikutnya dan dikatakan bahwa paham itu adalah sebuah kebenaran . Generasi penerus juga akan menurunkan paham itu kepada generasi selanjutnya dengan keyakinan bahwa itu adalah paham yang benar dan wajib diikuti .

Seperti ini saja kita akan membahas sedikit mengenai anggapan manusia terhadap Tuhan . Saya benar-benar tidak tau kapan paham ini hadir dalam kehidupan manusia , yah mungkin itu merujuk pada sebuah ayat dalam suatu Kitab suci yang dianut oleh umat beragama . Yakni paham untuk Takut kepada Tuhan .
Pertanyaan pertama saya adalah apa anggapan manusia mengenai Tuhannya ?
Apa Tuhan itu begitu menakutkan bagi manusia sehingga manusia harus takut ? Dalam masalah ini bukan berarti saya mengatakan untuk manusia menantang dan berani kasar terhadap Tuhan , melainkan mencoba untuk memahami Otoritas Tuhan dalam kehidupan . Disebutkan dalam beberapa ayat dalam sebuah kitab suci bahwa Tuhan maha Pengasih lagi maha penyayang ,dan bukan maha penyiksa . Ya memang dikatakan bahwa Azab Tuhan itu teramat pedih , namun itu juga jangan diartikan menjadi ancaman , melainkan sebagai Konsekwensi dari tingkah laku yang tidak benar . lalu apa yang sebenarnya harus ditakuti ? Than atau diri anda sendiri ? Jawabannya adalah tidak ada .

Ketakutan adalah sesutu yang saya anggap tidak wajar . Yah memang saya akui rasa takut itu manusiawi dan saya juga memiliki perasaan itu . Namun yang perlu kita pertimbangkan adalah kadar dari rasa takut itu dan Object yang menjadi sumber ketakutan itu sendiri .

Beritahu saya apa alasan anda takut terhadap Tuhan . Ada yang berkata bahwa takut yang dimaksud bukan seperti rasa takut terhadap setan atau semacamnya . Namun jika kita menilai dari Definisi dan relevansi kata "Takut", tentu kita akan menemui hal-hal yang menyeramkan dan merugikan . Lantas apa yang merugikan anda dari pemahaman anda terhadap Tuhan dan kesinambungan Tuhan dalam hidup Anda ?
Beritahu alasan mengapa anda takut terhadap Tuhan .

Tuhan itu bukan sesuatu yang menyeramkan . Tuhan maha besar , namun jangan membayangkan bahwa Dia adalah raksasa yang berwajah seram dan mengerikan dengan taring dan kampak besar di tangannya .
Tuhan itu Maha pengasih lagi maha penyayang .
Karena jika kita melihat sifat-sifat Tuhan , Tuhan itu cenderung Feminin , maka mari kita contohkan bahwa Tuhan berperan layaknya seorang Ibu .
Ibu yang melahirkan anda , membantu anda dalam hidup hingga sekarang ini , Ibu yang teramat sangat menyayangi anda . Pertanyaan saya adalah apa anda takut sama Ibu anda sendiri ?

Jika anda mengatakan Iya dalam hati , sepertinya anda sama sekali tidak mengenal diri anda sendiri .
Sayangkah anda terhadap Ibu anda ? Saya harap anda mengatakan Iya . Atau takutkah anda terhadap Ibu anda sendiri ? Jika anda juga mengatakan Iya , beritahu saya alasan mengapa anda takut terhadap Ibu anda sendiri . Sepertinya anda bukan anak yang baik . Jika anda adalah anak yang berbakti , hal yang paling anda rasakan adalah betapa anda sayang terhadap Ibu anda . Seperti halnya mengenai Prinsip Ketuhanan , jika anda adalah orang yang berbakti dan melayani Tuhan maka rasa yang tumbuh dalam hati anda adalah Cinta dan Kasih sayang yang begitu Besar terhadap Tuhan , bukan rasa takut .

Hal yang akan anda perbuat adalah untuk pelayanan terhadap Tuhan dan bukan semata-mata menjauhi sesuatu yang membuat anda merasa terancam seperti halnya Dosa dan Neraka .
Saya tidak bermaksud mengajari dan menggurui anda dalam hal ketuhanan yang sifatnya Prinsipel , namun disini saya hanya berbagi pendapat mengenai anggapan saya terhadap Dogma yang mengajarkan untuk takut kepada Tuhan adalah Konyol . Ajaran seperti itu tidak akan membuat orang menjadi sadar melainkan hanya membuat orang semakin tertindas dalam ketakutannya sendiri . Sementara hal terpenting untuk memahami Ilmu ketuhanan adalah Kesadaran , lalu bagaimana manusia akan memahami Tuhan jika tidak pernah sadar ? Bagaimana manusia bisa sadar jika selalu dituntut untuk berfokus pada hal-hal yang mengancam ?
Akhirnya manusia melakukan ritual Ibadah hanya untuk membuat dirinya terhindar dari Amarah Tuhan dan AzabNya yang teramat pedih dan bukan beribadah semata-mata karena kecintaannya terhadap Tuhan .

Sekali lagi saya katakan ... jelaskan kepada saya alasan mengapa anda takut terhadap Tuhan .

*Artikel ini sepertinya akan berkelanjutan , namun saya hentikan dulu sampai disini karena masalah internal .
Biasakan membaca secara perlahan , dan jika anda tidak mengerti apa yang saya katakan di artikel ini bisa kita diskusikan di komentar .
Share On:

Ad Here
Ad Here

0 comments:

Post a Comment